• Rabu, 11 Mei 2011

      Anak-Anak Osama Akhiri Kebungkaman: Pertanyakan Pembunuhan Ayahnya


      REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Anak-anak Osama bin Laden, Selasa (10/5), mengakhiri kebungkaman mereka, mencela pembunuhan ayah mereka secara sewenang-wenang serta dan mengatakan seluruh keluarga merasa direndahkan dan dihina oleh pemakaman ayah mereka di laut.

      Di dalam satu pernyataan yang dikirim ke New York Times, putra Osama mempertanyakan mengapa ayah mereka "tidak ditangkap dan diadili di satu pengadilan" hukum sehingga kebenaran bisa terungkap kepada rakyat di seluruh dunia.

      Osama bin Laden tewas oleh pasukan AS pada 2 Mei, setelah dilacak sampai ke satu rumah di Pakistan --tempat ia diduga telah tinggal selama bertahun-tahun, kendati ada perburuan internasional bagi orang "yang dituding sebagai otak serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat".

      Pernyataan tersebut, yang mencela cara ayah mereka dibunuh, dikatakan disiapkan dengan pengarahan putra Osama --Omar bin Laden (30)-- dan juga menyerukan pembebasan tiga istri pemimpin Al-Qaida tersebut serta anak mereka.

      "Kami berkeras pembunuhan secara sewenang-wenang bukan penyelesaian bagi masalah politik," kata pernyataan itu.
      Pernyataan tersebut juga mempertanyakan kelayakan pembunuhan semacam itu, yang bukan hanya telah melanggar hukum internasional secara terang-terangan.

      Para pejabat Pakistan telah mengatakan istri Osama, semuanya berkebangsaan Yaman atau Arab Saudi, ditemukan dari rumah di Abbottabad setelah serangan tersebut dan 13 anak mereka.

      Istri Osama, Amal Ahmed Abdulfattah --berkebangsaan Yaman, ditembak di kaki selama operasi Navy Seal AS -- yang menewaskan suaminya.

      Omar bin Laden, dan istrinya yang lain, Najwa, mengutuk penembakan itu di dalam pernyataan tersebut.

      "Kami ingin mengingatkan dunia bahwa Omar bin Laden, putra keempat dari ayah kami, sejak dulu selalu tak sependapat dengan ayah kami mengenai aksi kekerasan dan selalu mengirim surat kepada ayah kami. Omar menganjurkan Osama mengubah caranya dan tak menyerang warga sipil dalam kondisi apa pun," kata pernyataan tersebut.

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news